Panduan Dzikrullah

Panduan Dzikrullah

Sabtu, 24 Oktober 2015

Bab 20_F_BEBERAPA THAREKAT DZIKIR



KEDUA MEMBACA :
1 .  shalawat ----------------------------------------( 100 x )
2 . Alam nasyrah . ilakh . ----------------------------------( 79 x )
   3 . Al’ ikhlash . ilakh          ----------------------------------------( 1000 x ) 
4 . Allahumma Yaa qodhiyal hajati . ---------------------------------------( 100 x )
5 . Allahumma Yaa kafiyal muhimat . ---------------------------------------( 100 x )
6 . Allahumma Yaa rofi’addarojat . -------------------------------------------( 100 x )
7 . Allahumma Yaa dafi’al baliat . -------------------------------------------( 100 x )
8 . Allahumma Yaa mahallul musykilat . ----------------------------------( 100 x ) 
9 . Allahumma Yaa mujibudda’wat . ----------------------------- ( 100 x )
10 . Allahumma Yaa syafiyal ardhi . ---------------------( 100 x )
11 . Allahumma Yaa arhamrrohimiin . ---------( 100 x )
12 . Sholawat . -------------------------------------( 100 x )
13 . Fatihah kepada hadhirat imam haujakanii ---( 1 x )
14 . Fatihah kepada hadhirat sulthonil aulia sayyidina ‘abdul qodir jaelani--(2 x )
15 . Sholawat . -------------------------------------------------------------( 100 x )
16 . Hasbunallah ni’mal wakil . -----------------------------------------( 100 x ) 
17 . Fatihah  .7. lagi seperti tersebut pertama
18 . Sholawat . -----------------------------------------------------.------- ( 100 x )
19 . Fatihah kapada hadhirat imam rabbani . ---------------------( 1 x )
20 . Sholawat . ------------------------------------------------------------- ( 100 x )
21 . Kemudian merendahkan diri kepada sekalian makhluq terada dibawah                                         
       badan kita .di bawah hamba Allah yang hina dan minta rizqi
       Yang   halal . dan mohon mati di dalam iman dan lain-lainnya .
22 . Alfatihah ‘ala hadihinniyati . ----------------------------------------------( 1 x )
23 . Lahaula wala quwwata illabillahil’aliyyil’azhiim . ----------------- ( 500 x )
24 . Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadinin nabiyyil umiyyi wa’ala
      ‘alihi washohbihi wassalam . --------------------------------------------( 100 x )
25 . Allahumma anta maqshudi waridhoka mathlubi’athini muhibbataka 
       wama’rifataka washollallahu’ala sayyidina muhammad wa alihi                    
       washohbihi ajma’iin walhamdulillhi robbil ‘alamiin
26 . Yalathif  . ---------------------------------------------------------------- ( 16641 x )
27 . Sholawat . -------------------------------------------------------------------( 100 x )
28 . Kemudian tawajuh kepada    -----DZAT TUHAN ‘AZZA WAJALLA----
Lalu membaca do’a yang dinamakan khushushiyah bagi yalathif  inilah do’a-nya
DO’A-NYA :
Alhamdulillahi robbil‘alamin washshalatu washshalamu ‘ala syaidina muhammadin wa’ala alihi washahbihi ajma’iin . allahumma yalathifu – yalathifu – yalathifu . yaman wasi’a luthfuhu ahlas samawati walardi . nas aluka bikhofiyyi –khofiyyi luthfikal khofiyyi . antahfiyana fiikhofiyyi khofiyyi khoffi . innaka qulta waqaulakal haqqu . allahu lathifu bi’ibadihi yarzuqumayyasyau wahuwal qowoyul ‘aziz . allahumma innanas aluka . yaqowwiyu – ya’azizu – yamu’inu – biquwwatika wa’izzatika . yamatinu – anyakuna lana aonan wamu’inan fiijami’il ahwali wal af’ali wajamii’I manahnu fihi minfi’lil khairoti . waantadfa ‘annakulla syirri wani’mati wamihnati qodits tahqoqna hamin ghoflatika wadzunubina fainnaka antal ghofururrohiim waqodqulta waqaulakal haqqu waya’fu ‘ankatsiri . allahumma yaman lathoftu bihi wawajahtuhu ‘indaka waja’altalluthfal khafiyyata bi’alahun haitsu tawajjahu asaluka antuwajjihanii ‘indaka waantakhfiyanii bikhofiyyi luthfika innaka ‘ala kulli syaiin qodiir washalallahu ‘ala saidina muhammadin wa’ala alihi washahbihi wasalam walhamdulilahi robbil ‘alamiin – amiin ( alfatihah )  
 
Artinya : Sebenarnya masih banyak lagi kifayah thoreqat dzikir baik dzikir billisan maupun dzikir biqolbi (lathoif) yang ada para ahlinya : yang penting adalah ketekunan riyadhoh (latihan) selalu dengan mujahadah bersungguh-sungguh hati karena (dzikrullah) itu sangat besar artinya (hikmahnya) diantaranya hikmahnya meneguhkan menentramkan hati mensuburkan kedamaian hati, karena (dzikrullah) pun membersihkan hati. Perhatikanlah firman alah ta’ala : (waladzikrullahi akbar) al’ankabut=sesungguhnya dzikir / mengingat / menyebut nama alah itu sangat besar artinya (keutamaan dan lagi (aladzikrullahi tathma’inul qulub .al arr’d 38) ketahuilah bahwa berdzikrullah / menyebut nama allah itu meneguhkan menentramkan hati . dan sabda rasulullah .s.a.w. (inna likulli syaiin shoqolatan fainna shoqolatal qolbi dzikrullah) artinya : sesungguhnya bagi tiap-tiap sesuatu adalah mencucinya / pembersihnya, maka sesungguhnya (pembersih hati adalah dzikrullah) .
Adapun hati yang tidak bersih iyalah hati yang tertutup oleh pikiran ‘alam pikiran yang penuh dengan macam-macam pikiran  - maksud – maksud angan – angan goresan cita cita yang tertuju kepada selain allah, maka hendaknya rajin berlatih (riyadhoh) menjalankan dzikrullah itu dengan segaa daya upaya membersihkan pikiran dari segala maksud selain allah semata –mata, diambil kepahaman dari kata –kata do’a : (ilahi antal maksudi) artinya : ya allah tuhanku hanya engkau sajalah yang mengetahui maksud / tujuan. Tetkala menjalankan dzikrullah. Sekaligus melatih agar pkiran tunduk dan mengikuti (qolbu) yang sedang berdzikir, dan dihaluskan apa yang terlintas dipikiran tetap diputuskan pada haqeqat ma’ani : (ilahi antal maksudi)
Maka samai disini kita sudahi tulisan yang dihimpun didalam kitab yang kami namakan (jalan menuju tuhan) ini dengan do’a penutup dikutip dari do’a imam ghajali :
Bismillahirrohmanirrohiim :
Nastaghfirulahi ta’ala min kulli majalat bihil qodamu authogho bihil qolamu fiikitabina wafiisairi kutubina. Wanastaghfiruhu min aqwalinal latii latuwafiquha ‘amaluna. Wanastaghpfiruhu mimma adda’ainahu wadhharnahu minal ‘ilmi walbashiroti bidinillahi ma’a taqsirifihi . 
 
 
Artinya kami mohon ampunan yaa allah dari sekalian kaki yang tergelincir atau pena yang keterlaluan dalam kitab ini dan kitab kami yang lain dan kami mohon ampun dari sekalian perkataan kami yang tak sesuai dengan perbuatan kami. Dan kami mohon ampunan dari sekalian yang kami anjurkan berupa ilmu atau pandangan yang sendiri kurang menjalankannya.  
 Wanastaghfiruhu minkulli ‘ilmin wa’amalin qothon nabihi wajahul kariima tsumma kholathohu ghoiruhu.
Wanastaghfiruhu minkull wa’din wa’ad yahu bihi anfusana tsumma qoshorna fiil wafaibihi.

 
Artinya : dan kami mohon ampunan dari semua ‘ilmu dan ‘amal yang pada mulanya dimaksudkan karena allah yang maha mulya kemudian bercampur dengan maksud lain. Dan kami mohon ampun dari semua janji yang kami janjikan lalu kami tidak menepatinya.
Wanastaghfiruhu minkulli  ni’matin  an’amabiha ‘alaina  fasta’malna  hafii ma’syiyati.
 
 
Artinya : dan kami mohon ampun dari semua ni’mat yang diberikan kepada kami kemudian kami salah gunakan didalam ma’syiat.
 
 
Wanastaghfiruhu minkulli tasrihiin wata’ridhiin binuqshonin naqishiin wanaqshirin muqoshshirin kunna muttashifiina bihi.
 
 
Artinya : dan kami mohon ampun dari segala ucapan yang kami nyatakan buruknya secara langsung atau dengan sendirinya padahal kami terlibat memakinya.
Wanastaghfiruhu minkulli khothritin wada’anta yatashona ‘un wataqollufun tazayyunan linnasi fiikitbin sathornahu aukalamin nazomnahu au’ilmin dzalika kullihi lana waliman thola’a kita bana.  
 
 
Artinya : dan kami mohon ampun dari semua yang kami terangkan geraq geriq kami yang berlebihan dalam mengubah atau menguraikan sesuatu kata atau ‘ilmu. Sesudah itu selesai kami minta ampun dari dosa semuanya , maka kami mohon ampun untuk diri kami dan untuk sekalian orang yang membaca kitab  

Hadza aukatabahu ausami’ahu antakarri bilma’rifati warrohmati wattajawuzi ’anjami’issaiati zhohiron wabathinan fainnal karoma ‘amimun warohmatan wasi’ahu walhubda ‘ala ashnanil kholaiqi faidhun lawasilatu lana ilaihi illa madhlahu wakaromatu. AMIIN –AMIIN – AMIIN
 
 
Artinya : kami yang menyalin atau yang mendengar isi dan keterangan kitab ini. Mohon dikaruniai dengan ampunan serta rahmat sehingga terhitung tiada ada dosa kami dhohir bathin kami dapat karuniamu maka sesungguhnya kemulyaan maha sempurna dan rahmat tuhan sangat luas dan kemurahanmu kepada sekalian makhluq sangat melimpah ruah . tiada jalan bagi kami kepadanya selain mengharap limpah karunia dan kemurahan tuhan .YAA ROBBUL ‘ALAMIIN.  AMIIN – AMIIN – AMIIN
Tamat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar